Tahu Bulat Laser

Tahu Bulat Laser
Agen Tunggal Surabaya - 081230174960

Senin, 08 Februari 2010

Asyiknya Wisata ke Pegunungan Bromo

Pemandangan dari Gunung Penanjakan

Mungkin ada baiknya jika anda yang saat ini sedang berada di jawa timur untuk mengujungi salah satu ikon pariwisata jawa timur yang terkenal ini yakni Gunung Bromo. Kawasan wisata yang dikenal dengan sebutan TNB ( Taman Nasional Bromo) ini memiliki luas 50.273,30 Ha yang diapit 4 kabupaten di jawa timur yakni Probolinggo, Pasuruan , Malang dan Lumajang. Masyarakat sekitar G. Bromo yaitu masyarakat Tengger mempunyai upacara tradisi tahunan yaitu upacara melempar sesaji pada tengah malam (tepat pkl. 24.00 WIB), yang disebut dengan upacara “Kasodo”. Upacana adat Tengger ini, biasanya sangat meriah dan sering dihadiri oleh pejabat-pejahat tinggi serta masyarakat Indonesia lainnya juga para turis asing yang jumlahnya mencapai puluhan ribu pengunjung. Dengan ketinggian antara 1.000m - 3676m diatas permukaan laut dan suhu berkisar 3 -20 derajat Celcius, mungkin ada baiknya anda mnggunakan jaket tahan dingin, sarung tangan dan sarung kaki.

TNB ini memiliki beberapa tempat yang paling di favoritkan sebagai alasan wisatawan kesana yakni Gunung Penanjakan dan Kawah Gunung Bromo . Gunung Penanjakan dengan ketinggian 2770m diatas permukaan laut akan memberikan pemandangan yang menakjubkan di saat Matahari Terbit (Sunrise) yakni antara jam 04.30wib s.d 05.30wib . Dan setelah itu anda bisa menuju ke Kawah Gunung Bromo dengan melewati Lautan Pasir (Sea Of sand). Daerah yang gersang yang dipenuhi pasir dan hanya ditumbuhi sedikit rumput-rumputan yang mengering. Tiupan angin, membuat pasir berterbangan dan dapat menyulitkan Anda bernafas.

Untuk mencapai kaki Gunung Bromo, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan. Sebaliknya, Anda harus menyewa kuda dengan harga Rp 70.000,- atau bila Anda merasa kuat, Anda dapat memilih berjalan kaki. Tapi, patut diperhatikan bahwa berjalan kaki bukanlah hal yang mudah, karena sinar matahari yang terik, jarak yang jauh, debu yang berterbangan dapat membuat perjalanan semakin berat.

Sekarang, Anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Gunung Bromo. Sesampainya di puncak Bromo yang tingginya 2.392 m dari permukaan laut, Anda dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Anda juga dapat melayangkan pandangan Anda kebawah, dan terlihatlah lautan pasir dengan pura di tengah-tengahnya. dengan puncak G. Semeru sebagai latarnya. Benar-benar pemandangan yang sangat langka dan luar biasa yang dapat kita nikmati.

Bagaimana cara akses kesana? Tentunya tak sedikit dari kita yang ingin tahu hal itu termasuk tentang Tarif Hotel dan pemandu disana. Ada banyak jalur yang yang bisa dilalui kekawasan TNB tersebut, untuk kategori akses berani anda bisa melalui probolinggo ( jalur ini tidak bisa membawa kendaraan sendiri ) atau jalur mudah melalui pasuruan. Untuk mudahnya saya akan ambil asumsi untuk akses kesana dari kota surabaya dengan tidak membawa kendaraan sendiri. Dari Kota surabaya, anda bisa tanya awal ke terminal bungurasih karena saya yakin semua tahu akan hal ini. Dari terminal bungurasih kita naik Bis Jurusan Kota Pasuruan atau Kota Probolinggo.

Untuk menuju G. Bromo dari arah Pasuruan: Dari Surabaya kita naik bus jurusan Probolinggo dan turun di Pasuruan. Selanjutnya naik Colt jurusan Tosari - Wonokitri. Di sini kita dapat bermalam di hotel atau losmen atau dapat juga langsung meneruskan perjalanan menuju G. Penanjakan, atau masuk ke lautan Pasir dan menuju puncak G. Bromo.
Bila dari arah Probolinggo, kita naik Colt atau bis jurusan Sukapura terus Ngadisari. Dari Ngadisari naik kendaraan/berjalan kaki menuju Cemoro Lawang sejauh 3 Km. Di Cemoro Lawang kita dapat bermalam di hotel maupun losmen atau di rumah-rumah penduduk. Pagi-pagi sekali kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawah G. Bromo yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki maupun naik kuda sewa, untuk menyaksikan panorama matahari terbit. Kalo kita lewat wilayah Probolinggo ongkos sewa yaitu Rp 200.000,-. Sesampai di desa wonotoro,kita parkir mobil kita ganti dengan 4-wheel Jeep.Kalo dari Probolinggo ini sangat tidak disarankan membawa kendaraan sendiri yang bukan 4 wheel,apalagi pada musim kemarau,karena bahaya terperosok di lautan pasir.
Ongkos lain:
- Retribusi Jalan Wisata u/ Jepp : Rp 2.000,-
- Retribusi Jalan Desa : Rp 2.000,-
- Asuransi Kecelakaan : Rp 2.000,- / orang
- Karcis masuk pengunjung : Rp 2.000,- / orang


Berbagai hotel dan penginapan dapat ditemukan disekitar area Taman Nasional Bromo-Semeru, mulai dari losmen sampai dengan hotel berbintang 4 dapat di jadikan pilihan untuk menginap di Bromo. Rata rata setiap hotel memasang tarif yang terjangkau.Bagaiamana dengan tempat bersantap kita? Mungkin agak sedikit sulit untuk menemukan tempat makan di area ini terutama pada malam hari. Akan tetapi, apabila Anda menginap di desa Wonokitri, sekitar 3 km ke bawah tepatnya di pasar Tosari dapat ditemui beberapa warung makanan yang buka dan menjajakan makanannya hingga pukul 9 malam.


By : Zahir Gadri dengan ingfo dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. BROMO TANJUNG PONDOK TANI (COTTAGE)
    Dalam rangka Memperkenalkan “Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, Kami buka Pondok Tani (Cottage) Tanjung - Tosari untuk umum
    # hub per sms/tlp: 081385458993-081553258296(Dudick).*-*081249244733-085608326673(Elie)*
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 95 pos jaga loreng2.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)
    HARGA KAMAR :
    @.kamar los + 2 km mandi luar, kapst: 9 s/d 16 orang. Rp.350.000,-/malam.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.250.000,- /malam.
    @ fasilitas:. Kamar mandi air panas,.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.

    BalasHapus