Tahu Bulat Laser

Tahu Bulat Laser
Agen Tunggal Surabaya - 081230174960

Sabtu, 24 April 2010

Sumenep ... kenangan mans masa kecilku..




Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa di Pulau Madura dibagi menjadi empat madura bahasa yang berbeda dan ini dapat dilihat dari setiap kabupaten antara Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Di mana ada istilah di Pulau Madura, yang lebih kearah timur maka bahasa yang digunakan tingkat yang semakin halus. Dalam hal ini Sumenep yang berada dalam posisi kota paling timur di Pulau Madura disamakan dengan sebuah bahasa tingkat seperti kota Solo Jawa.


Saya yang lahir di Surabaya, tapi banyak menghabiskan masa kecil saya di Pulau Madura, khususnya di Sumenep ini. Untuk lebih khusus tepatnya di seberang pulau dari ujung timur Sumenep (Kecamatan Kalianget) tepatntnya di Pulau Poteran ( Kecamatan Talango ) . Sepuluh tahun masa kecilku di sana, tepatnya saat menjalani pendidikan dasar (sekolah dasar) dan sekunder (SMP), setelah menyelesaikan TK di kota Palembang dua tahun. Itulah  yang membuat saya mampu menggunakan bahasa Sumenep Madura,tetapi sekarang banyak yang lupa (hehehe. Karena itu jarang ada sekarang)..

Kembali ke wilayah Sumenep diskusi yang terletak di pulau paling timur Madura, dan jika perjalanan dari kota Surabaya sekitar 199 KM atau 5-6 jam naik bus. Di kabupaten ini terdapat beberapa pulau yang dihuni 126 belum. Tahun yang punya nama tetapi untuk Pulau Puteran sudah sebuah distrik tunggal meskipun hanya 3 KM lebar dan panjang 18 KM dengan sembilan desa di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa disebut Pulau Poteran, karena dikelilingi laut (poteran = bulat) di wilayah desa.

Benar-benar menyenangkan mengingat masa lalu di sana, karena ada banyak terumbu karang pantai Waru, cantik alami Padike Pantai Goa, Landak menantang dan Asta Yusuf Habib yang selalu mengunjungi kepulauan dan Negara Pilgrim. Saya sering berpikir sebelumnya, apakah pulau itu tetap seperti sebelumnya Poteran? Saya tidak bisa mengatakan semuanya sekarang.



Selain Pulau Poteran, sebenarnya ada banyak atraksi di Sumenep sangat menarik dan wisata yanag sangat  potensial tetapi tidak terekpos keluar. Saat masyarakat disana menyambut hari Kemerdekaan Indonesia dan karnaval Lomba perahu di Selat  Poteran dan juga ada Kerapan Sapi.  Di kota sSmenep kita bisa temukan Masjid dan Istana Sumenep yang artistik dan penuh sejarah, belum lagi Pantai Salopeng yang  selalu ramai ketika hari raya Ketupat dan keunikan Panorama Pantai Lumbang dengan latar belakang Pohon Cemara  Udang ( ini biasanya ditemukan hanya di Cina) , tak salah jika hal ini yang membuat orang syang berkunjung kesana selalu menginginkannya kembali dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar